 @SurgaBerita - 14 Brand Asli Indonesia yang Mendunia, Menembus
 pasar global sudah pasti menjadi impian setiap produsen lokal, namun 
jalan yang ditempuh tentu juga tak semudah memimpikannya. Berikut adalah
 beberapa merk lokal yang berhasil melesat ke pasar internasional. Bagi 
kamu yang sedang merintis usaha sendiri, perjuangan mereka semoga bisa 
menjadi inspirasi.
@SurgaBerita - 14 Brand Asli Indonesia yang Mendunia, Menembus
 pasar global sudah pasti menjadi impian setiap produsen lokal, namun 
jalan yang ditempuh tentu juga tak semudah memimpikannya. Berikut adalah
 beberapa merk lokal yang berhasil melesat ke pasar internasional. Bagi 
kamu yang sedang merintis usaha sendiri, perjuangan mereka semoga bisa 
menjadi inspirasi. Aqua
 lahir atas ide Tirto Utomo (1930-1994). Merupakan brand air minum dalam
 kemasan (AMDK) terbesar di wilayah Asia, Timur Tengah dan Pasifik 
menurut survei Zenith International. Tirto Utomo adalah orang Asia 
pertama yang dinobatkan sebagai tokoh pencetus dan penggerak industri 
AMDK di kawasan Asia dan Timur Tengah serta masuk dalam Hall of 
Fameindustri bottled water. Sejak 1987 Aqua telah merajai Singapura, 
Malaysia, Maldives, Fiji, Australia, Timur Tengah dan Afrika.
Aqua
 lahir atas ide Tirto Utomo (1930-1994). Merupakan brand air minum dalam
 kemasan (AMDK) terbesar di wilayah Asia, Timur Tengah dan Pasifik 
menurut survei Zenith International. Tirto Utomo adalah orang Asia 
pertama yang dinobatkan sebagai tokoh pencetus dan penggerak industri 
AMDK di kawasan Asia dan Timur Tengah serta masuk dalam Hall of 
Fameindustri bottled water. Sejak 1987 Aqua telah merajai Singapura, 
Malaysia, Maldives, Fiji, Australia, Timur Tengah dan Afrika. Raksasa
 ban terbesar se Asia Tenggara ini sudah menjadi perusahaan 
internasional. Salah satu strategi mereka yaitu memenuhi kualitas produk
 dengan berbagai standarisasi dan sertifikasi internasional yang 
berhasil diperolehnya, antara lain: E-Mark (Eropa), TUV CERT (Jerman), 
BPS (Filipina), Inmetro (Brazil), PAI (Kuwait, SASO (Arab Saudi) dan 
BVQI (Kolumbia).
Raksasa
 ban terbesar se Asia Tenggara ini sudah menjadi perusahaan 
internasional. Salah satu strategi mereka yaitu memenuhi kualitas produk
 dengan berbagai standarisasi dan sertifikasi internasional yang 
berhasil diperolehnya, antara lain: E-Mark (Eropa), TUV CERT (Jerman), 
BPS (Filipina), Inmetro (Brazil), PAI (Kuwait, SASO (Arab Saudi) dan 
BVQI (Kolumbia). PD
 Tarumartani menitikberatkan pasar ekspor pada 90 persen produknya 
dengan berbagai merek yang dikirim ke luar negeri. Selain Turki, 
jenis-jenis produk cerutu buatan Tarumartani yaitu Cigarillos, Extra 
Cigarillos, Senioritas, Panatella, Half Corona, Corona, Super 
Corona/Grand Corona, Boheme, Royal Perfecto, Rothschild dan Churchill 
diekspor ke Amerika Serikat, China, Irak, Perancis, Swiss, Belanda, 
Belgia, Jerman dan Cekoslovakia.
PD
 Tarumartani menitikberatkan pasar ekspor pada 90 persen produknya 
dengan berbagai merek yang dikirim ke luar negeri. Selain Turki, 
jenis-jenis produk cerutu buatan Tarumartani yaitu Cigarillos, Extra 
Cigarillos, Senioritas, Panatella, Half Corona, Corona, Super 
Corona/Grand Corona, Boheme, Royal Perfecto, Rothschild dan Churchill 
diekspor ke Amerika Serikat, China, Irak, Perancis, Swiss, Belanda, 
Belgia, Jerman dan Cekoslovakia. Sejak
 berdiri tahun 1989, produsen sepeda Insera sena (IS) di Sidoarjo sudah 
mengekspor sepeda tanpa merk ke lima benua. Lalu IS mengembangkan merk 
sendiri, Polygon, setelah melihat peningkatan impor sepeda yang masuk ke
 Indonesia di tahun 1997. Polygon Website
Sejak
 berdiri tahun 1989, produsen sepeda Insera sena (IS) di Sidoarjo sudah 
mengekspor sepeda tanpa merk ke lima benua. Lalu IS mengembangkan merk 
sendiri, Polygon, setelah melihat peningkatan impor sepeda yang masuk ke
 Indonesia di tahun 1997. Polygon Website Merupakan
 brand ubin porselen yang dirintis Intikeramik yang berdiri sejak 1991. 
Kiat membangun brand association yang tepat bagi Essenza sebagai produk 
berkualitas tinggi dengan tagline “No Tile Like It” tampaknya membuahkan
 hasil. Hingga saat ini, Essenza adalah brand dengan kapasitas produksi 
terbesar di Indonesia, dan sudah diekspor ke 25 negara yang salah 
satunya adalah Italia.
Merupakan
 brand ubin porselen yang dirintis Intikeramik yang berdiri sejak 1991. 
Kiat membangun brand association yang tepat bagi Essenza sebagai produk 
berkualitas tinggi dengan tagline “No Tile Like It” tampaknya membuahkan
 hasil. Hingga saat ini, Essenza adalah brand dengan kapasitas produksi 
terbesar di Indonesia, dan sudah diekspor ke 25 negara yang salah 
satunya adalah Italia.
Berangkat dari hobi Shian Yu belajar bahasa asing, ia menyetujui saran temannya untuk berbisnis kamus elektronik 23 tahun silam. AlfaLink, pionir kamus elektronik bahasa Indonesia itu telah berkembang luas hingga ke mancanegara. Mereka mendirikan kantor cabang di Singapura, Kuala Lumpur, Hong Kong, Taiwan dan Los Angeles.
 Brand asal
 Bandung ini berdiri sejak tahun 1990 dan fokus pada penyediaan 
perlengkapan adventure. Untuk menjangkau pasar global, Eiger tetap 
memakai merk sendiri supaya tumbuhbrand awareness di kalangan konsumen 
global. Melalui riset pasar tas yang dilakukan, Eiger memposisikan diri 
di kelas menengah yang lebih mementingkan kualitas dan harga ketimbang 
merk sebagai target pasar. Eiger telah merambah ke Singapura, Malaysia, 
Brunei dan juga Jerman sebagai pintu masuk menuju pasar Eropa. Eiger 
Adventure Website
Brand asal
 Bandung ini berdiri sejak tahun 1990 dan fokus pada penyediaan 
perlengkapan adventure. Untuk menjangkau pasar global, Eiger tetap 
memakai merk sendiri supaya tumbuhbrand awareness di kalangan konsumen 
global. Melalui riset pasar tas yang dilakukan, Eiger memposisikan diri 
di kelas menengah yang lebih mementingkan kualitas dan harga ketimbang 
merk sebagai target pasar. Eiger telah merambah ke Singapura, Malaysia, 
Brunei dan juga Jerman sebagai pintu masuk menuju pasar Eropa. Eiger 
Adventure Website Merupakan
 label tas buatan Delia Murwihartini. Melalui pameran-pameran 
internasional, ia mempromosikan produknya yang dibuat menggunakan bahan 
baku lokal. Ekspor pertamanya adalah Swedia. Karena ingin membangun 
pasar di Amerika, Delia menggandeng seorang rekan bisnis di Amerika 
untuk mematenkan tas buatannya di sana dengan label The Sak, yang kini 
bisa didapatkan di Fifth Avenue, New York. The Sak Website
Merupakan
 label tas buatan Delia Murwihartini. Melalui pameran-pameran 
internasional, ia mempromosikan produknya yang dibuat menggunakan bahan 
baku lokal. Ekspor pertamanya adalah Swedia. Karena ingin membangun 
pasar di Amerika, Delia menggandeng seorang rekan bisnis di Amerika 
untuk mematenkan tas buatannya di sana dengan label The Sak, yang kini 
bisa didapatkan di Fifth Avenue, New York. The Sak Website Edward
 Forrer adalah merk sekaligus nama pemiliknya. Usai menjalankan strategi
 pemasaran door to door, Edward membuka toko sendiri di Gang Saad, 
Bandung. Lambat laun Edward Forrer bisa merambah pasar internasional, 
yakni Australia dan Malaysia. Edward Forrer Website
Edward
 Forrer adalah merk sekaligus nama pemiliknya. Usai menjalankan strategi
 pemasaran door to door, Edward membuka toko sendiri di Gang Saad, 
Bandung. Lambat laun Edward Forrer bisa merambah pasar internasional, 
yakni Australia dan Malaysia. Edward Forrer Website Liquica
 Anggraini Raden Roro, perancang busana asal Bandung meluncurkan label 
dengan namanya sendiri, Raden Roro, di New York, Amerika Serikat, tiga 
tahun lalu. Ia mulai melebarkan sayap di Tanah Air dengan menggandeng 
retail Harvey Nichols. Koleksi Liquica telah dipasarkan di beberapa 
kota, seperti Arkansas, California Georgia, Illinois, Minnesota, South 
Carolina, Virginia, New York, Tokyo, dan Dubai. Raden Roro Website
Liquica
 Anggraini Raden Roro, perancang busana asal Bandung meluncurkan label 
dengan namanya sendiri, Raden Roro, di New York, Amerika Serikat, tiga 
tahun lalu. Ia mulai melebarkan sayap di Tanah Air dengan menggandeng 
retail Harvey Nichols. Koleksi Liquica telah dipasarkan di beberapa 
kota, seperti Arkansas, California Georgia, Illinois, Minnesota, South 
Carolina, Virginia, New York, Tokyo, dan Dubai. Raden Roro Website Pasangan
 Nancy Co dan Bert Ng merintis merk tas bergaya vintage ini sejak tujuh 
tahun silam. Mereka memiliki misi mempromosikan Bagteria sebagai sebuah 
label Indonesia karena menganggap craftmanship dan kualitas kerajinan 
Indonesia sangat unggul. Kini, Bagteria tersedia di 30 negara, 
diantaranya Italia, Perancis, Inggris, Amerika Serikat, Jepang dan 
Kuwait. Tidak hanya itu, Tas Bagteria pun menjadi favorit selebritis 
dunia seperti Emma Thompson, Blake Lively, dan Putri Zara Phillips. 
Bahkan Paris Hilton pernah membeli tas display Bagteria di New York 
Fashion Week.
Pasangan
 Nancy Co dan Bert Ng merintis merk tas bergaya vintage ini sejak tujuh 
tahun silam. Mereka memiliki misi mempromosikan Bagteria sebagai sebuah 
label Indonesia karena menganggap craftmanship dan kualitas kerajinan 
Indonesia sangat unggul. Kini, Bagteria tersedia di 30 negara, 
diantaranya Italia, Perancis, Inggris, Amerika Serikat, Jepang dan 
Kuwait. Tidak hanya itu, Tas Bagteria pun menjadi favorit selebritis 
dunia seperti Emma Thompson, Blake Lively, dan Putri Zara Phillips. 
Bahkan Paris Hilton pernah membeli tas display Bagteria di New York 
Fashion Week. Sabbatha,
 adalah produk tas tangan yang sudah sangat mendunia. Dengan materi 
kulit yang dipadukan dengan berbagai materi seperti batu-batuan, ukiran 
perak, dan lain-lain, Sabbatha benar-benar menonjolkan kekayaan alam 
Indonesia. Tas-tas Sabbatha sangat diminati konsumen bahkan mampu 
menarik perhatian sosialita dunia, seperti Katie Holmes dan supermodel 
Elle Mc Pherson. Untuk pasar mancanegara, tas Sabbatha mudah dijumpai di
 beberapa kota, seperti Mumbai, Hawai, Roma, Amsterdam, Milan, Cannes, 
Florence, Sydney, Tokyo, Moskow, dan St. Tropez. Bangganya, produk 
terkenal tersebut ternyata hasil karya putra Indonesia bernama Sabbatha 
Rahzuardi Maya Dwianto. Sabbatha Website
Sabbatha,
 adalah produk tas tangan yang sudah sangat mendunia. Dengan materi 
kulit yang dipadukan dengan berbagai materi seperti batu-batuan, ukiran 
perak, dan lain-lain, Sabbatha benar-benar menonjolkan kekayaan alam 
Indonesia. Tas-tas Sabbatha sangat diminati konsumen bahkan mampu 
menarik perhatian sosialita dunia, seperti Katie Holmes dan supermodel 
Elle Mc Pherson. Untuk pasar mancanegara, tas Sabbatha mudah dijumpai di
 beberapa kota, seperti Mumbai, Hawai, Roma, Amsterdam, Milan, Cannes, 
Florence, Sydney, Tokyo, Moskow, dan St. Tropez. Bangganya, produk 
terkenal tersebut ternyata hasil karya putra Indonesia bernama Sabbatha 
Rahzuardi Maya Dwianto. Sabbatha Website Berdiri
 sejak tahun 2004, Niluh Djelantik mengawali usaha rancang sepatu, tas 
dan sabuk handmade bermerk Nilou. Niat awal Niluh adalah menciptakan 
sepatu wanita high heels yang supernyaman dipakai, sekaligus mematahkan 
mitos produk Indonesia itu murahan. Ternyata seorang warga Australia 
mengagumi produknya lalu menjadi distributornya. Selain Australia, Nilou
 juga dipasarkan di Eropa dan Amerika. Niluh Djelantik Facebook
Berdiri
 sejak tahun 2004, Niluh Djelantik mengawali usaha rancang sepatu, tas 
dan sabuk handmade bermerk Nilou. Niat awal Niluh adalah menciptakan 
sepatu wanita high heels yang supernyaman dipakai, sekaligus mematahkan 
mitos produk Indonesia itu murahan. Ternyata seorang warga Australia 
mengagumi produknya lalu menjadi distributornya. Selain Australia, Nilou
 juga dipasarkan di Eropa dan Amerika. Niluh Djelantik Facebook Dari
 kebiasaan mengubek-ubek tumpukan baju di pedagang kaki lima, Peter 
Fimansyah kini menjadi pengekspor busana ke berbagai negara. Semua itu 
mampu dicapai Peter hanya dalam waktu 1,5 tahun sejak ia membuka 
usahanya pada November 2008. Kini celana jeans, t-shirt dan topi yang 
menggunakan merk Peter Says Denim menjadi busana favorit band 
internasional seperti Before Their Eyes dan We Shot The Moon dari 
Kanada, serta Not Called Jinx dari Jerman. Peter Says Denim WebsiteTag :
 14 Brand Merk Indonesia yang Mendunia, Go Internationalsumber:
Dari
 kebiasaan mengubek-ubek tumpukan baju di pedagang kaki lima, Peter 
Fimansyah kini menjadi pengekspor busana ke berbagai negara. Semua itu 
mampu dicapai Peter hanya dalam waktu 1,5 tahun sejak ia membuka 
usahanya pada November 2008. Kini celana jeans, t-shirt dan topi yang 
menggunakan merk Peter Says Denim menjadi busana favorit band 
internasional seperti Before Their Eyes dan We Shot The Moon dari 
Kanada, serta Not Called Jinx dari Jerman. Peter Says Denim WebsiteTag :
 14 Brand Merk Indonesia yang Mendunia, Go Internationalsumber: Title Post: 14 Brand Asli Indonesia yang Mendunia
Title Post: 14 Brand Asli Indonesia yang MenduniaRating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Surga Berita
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar